Kamis, 02 Januari 2011
PD III Ushuluddin Raih Gelar Doktor
Ditulis Oleh : Administrator UIN

FUF – Pembantu Dekan (PD) III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin, Natsir Siola, berhasil meraih gelar doktor. Ujian promosi doktor berlangsung di Gedung Pascasarjana Kampus I UIN, Selasa (01/02/2011) malam.

Promovendus kelahiran 4 Juli 1959 di Ponre ini, pernah menjabat sebagai sekretaris jurusan Aqidah Filsafat di FUF, pada tahun 1994-1997. Kemudian pada tahun 1997-2000, ia pernah menjabat sebagai sekretaris jurusan tafsir hadis di fakultas yang sama.

Karier lainnya ia menjabat ketua jurusan aqidah filsafat pada tahun 2000-2004. Promovendus lalu menjabat sebagai PD III bidang kemahasiswaan selama dua periode hingga sekarang.

Judul disertasi Natsir adalah ‘Konstribusi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi-Selatan dalam Pembinaan Umat, (Perspektif pemikiran politik islam)’. Dalam disertasinya, ia mengupas problem yang dihadapi MUI dalam pembinaan umat yang ada di Sulsel.

“Salah satu problem yang dihadapi MUI adalah keterbatasan dalam menentukan arah kebijakan masalah politik. Seringkali MUI dinilai sebagian kelompok masyarakat bersifat ambivalen. Pada satu sisi, MUI berperan sebagai agen control dalam menyelesaikan problem keumatan kemudian mengeluarkan fatwa,” kata Natsir di hadapan tim penguji.

[ Kembali ]