KINMU-1 Gelar Gebyar Penutupan dan Penganugerahan Tropi di UIN Alauddin Makassar

  • 18 Juli 2022
  • 09:45 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kompetisi Ilmiah Nasional Mahasiswa Ushuluddin (KINMU-1) yang berproses sejak April 2022, akhirnya ditutup tanggal 15 Juli 2022 di Alauddin Hotel and Convenvention UIN Alauddin Makassar. Hadir dalam acara penutupan KIMNU-1 adalah  seluruh dekan dari 7 Fakultas Ushuluddin PTKIN se-Indonesia, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin, Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama UIN Imam Bonjol, Padang, dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram.

KINMU-1 telah menggelar 22 cabang lomba yaitu: Cabang Musabaqah Qiraatul Kutub, Musabaqah Karya Tuis al-Qur’an, Musabaqah Fahmil Qur’an, Kaligrafi Dekorasi dan Naskah, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 – 20 juz (Putra-Putri), Musabaqah Hifzhil Hadis 50 Hadis dan Sanad dan 100 Hadis tanpa Sanad, Musabaqah Tilawatil Qur’an (Putra-Putri), Puitisasi al-Qur’an, Pop Solo Islami, Pemilihan Da’I Mahasiswa (Pildama), Film Pendek, Desain Poster (Putra-Putri), Karya Tulis Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial (Politik, Humaniora), Karya Tulis Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Filsafat, Tasawuf dan Psikoterapi, Studi Agama-Agama, Lomba Essay (Putra-Putri).

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar, Dr. Muhsin Mahfudz, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh Dekan Fakultas Ushuluddin PTKIN se-Indonesia yang telah mempercayakan Gebyar Penutupan KIMNU-1 dipusatkan di UIN Alauddin Makassar. “Kehadiran KIMNU-1 merupakan anugerah yang sangat bernilai bagi peningkatan performa akreditasi Prodi-Prodi yang ada dalam lingkup Fakultas Ushuluddin se-Inonesia, karena secara meyakinkan mahasiswa kita telah memiliki panggung untuk mengekspresikan kemampuan akademik dan non-akademiknya pada level Nasional” demikian ungkap Dr. Muhsin Mahfudz.

Pernyataan Gebyar Penutupan KINMU-1 disampaikan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang yang juga inisiator kegiatan ini, Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA. Dalam closing statement, Ketua Panitia Nasional itu mengatakan bahwa Kegiatan ini berawan dari kegelisahan sejumlah Dekan Fakultas Ushuluddin se-Indonesia yang ingin meningkatkan partisipasi mahasiswanya dalam ajang kompetisi akademik dan non-akademik di tingkat nasional. “Saya mengambil langkah cepat untuk menginisisasi terselenggaranya KINMU untuk mendorong mahasiswa kita yang potensial untuk menunjukkan kemampuannya di ajang kompetisi nasional. Alhamdulillah hari ini kita telah wujudkan dengan sukses” tukas Prof. Ris’an Rusli. Dekan FUSHPI tersebut menutup sambutannya dengan berpesan agar KINMU berikutnya jauh lebih berkualitas dan meriah.

Suasana Gebyar penutupan diwarnai oleh kemeriahan penganugerahan tropi dan sertifikat pemenang. Para pemenang dari 22 cabang lomba sangat antusias mengikuti acara baik secara luring maupun daring.