Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 2021

  • 26 Agustus 2021
  • 10:32 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa, (26/8/2021) ~ Fakultas Ushuluddin dan FIlsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar mengadakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan dalam rangka menyambut mahasiswa baru Angkatan 2021 secara virtual. Dengan mengusung tema Intelektual yang mencerahkan, ada sebanyak 538 mahasiswa baru yang diterima dan tersebar di 7 program studi yang terdiri atas Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Prodi Ilmu Hadis, Prodi Sosiologi Agama, Prodi Studi Agama-Agama, Prodi Ilmu Politik, dan Prodi Hubungan Internasional. Dalam sambutannya, Dr. Muhsin, M.Th.I selaku dekan berpesan kepada mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa yang produktif dan belajar dengan menggunakan metode yang kreatif dengan memanfaatkan media teknologi yang ada dalam rangka mewujudkan intelektual yang mencerahkan. Di tengah Pandemi covid-19 ini, mahasiswa belum bisa beraktivitas di kampus, sehingga perkuliahan dilakukan secara daring.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kuliah umum yang dibawakan oleh Dr. Syarifuddin Jurdi, M.Si Dosen Ilmu Politik sekaligus Komisioner KPU Sulawesi Selatan. Materi yang disampaikan berkenaan dengan bagaimana trik dan tips menjadi mahasiswa produktif, metode belajar yang efektif dan strategi sukses menjadi mahasiswa yang intelek mencerahkan. Salah satu tipsnya adalah memperkuat literasi dengan banyak menulis dan membaca. Bertindak sebagai moderator, Dr. Anggriani Alamsyah, M.Si, kegiatan berlangsung penuh semangat ditandai dengan antusias dari peserta mahasiswa baru.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi beberapa lembaga penting di kampus, yaitu Komisi Penegakan Kode Etik (KPKE) oleh Dr. H. Andi Darussalam, M.Ag., Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) oleh Dr. Hj. Aisyah Arsyad, M.A. yang intinya adalah mahasiswa baru diharapkan bisa lebih taat aturan yang berlaku dikampus. Kegiatan aturan akademik oleh Wakil Dekan I Dr. Hj. Rahmi D, M.Ag., aturan keuangan oleh Wakil Dekan Dr. Hj. Darmawati H, M.HI., aturan terkait kemahasiswaan oleh Wakil Dekan III Dr. Abdullah, M.Ag.  Sosialisasi – sosialisasi ini dilakukan agar mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat aturan yang berlaku di kampus. Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi lembaga kemahasiswaan yang dilaksanakan oleh DEMA dan SEMA Fakultas Ushuluddin dan FIlsafat. Setelah itu, kegiatan ditutup secara resmi oleh Dekan dengan berharap dan berpesan agar mahasiswa baru dapat menjadi intelektual yang mencerahkan